Bagi kita, meraih mimpi bukanlah sesuatu yang mudah. Justru kita memerlukan perjuangan yang luar biasa untuk bisa mewujudkan mimpi itu. dan hal itu berlaku untuk kita semua, tanpa terkecuali. Termasuk pula orang-orang disabilitas.

Sama seperti kita pada umumnya, Indonesia juga memiliki mimpi.

Indonesia memiliki mimpi untuk menjadi lebih baik, secara keseluruhan. Agar Indonesia menjadi negara yang layak untuk semua pihak. Indonesia juga ingin agar semua rakyat dapat memenuhi haknya masing-masing, salah satunya untuk mengenyam pendidikan. Segala sesuatu yang tertera pada Pembukaan Undang-Undang 1945 masih akan tetap menjadi tujuan bagi Indonesia.

Dan mimpi Indonesia diwakili oleh kita semua.

Kita lah sosok yang bertanggung jawab untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.

Salah satu pihak yang merasakan dampak dari teraihnya mimpi tersebut adalah orang-orang disabilitas, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya.

12,15% masyarakat di Indonesia merupakan penderita disabilitas—dan mimpi mereka adalah mimpi kita juga. Untuk mewujudkan Indonesia yang ramah untuk semua, kita juga harus menggapai mimpi untuk mereka. Mereka membutuhkannya, sama seperti kita, demi Indonesia yang semakin baik kedepannya.

Ada banyak cara untuk membuat hal itu menjadi nyata. Sudah banyak pula gerakan-gerakan sosial yang ingin membantu orang-orang disabilitas, sudah banyak pula beasiswa khusus untuk mereka, dan kini dimulai jua pengadaan sarana dan prasarana yang tepat untuk orang-orang disabilitas itu sendiri. meski belum seberapa, namun pantas dikatakan sebagai awal yang baik untuk merubah Indonesia.

Dengan demikian, mimpi yang diharapkan orang disabilitas tidaklah fana belaka, namun bisa menjadi nyata. Semua aspek kehidupan yang melekat juga didukung oleh negara, sama seperti kita. Sehingga kedepannya diharapkan mampu untuk menciptakan Indonesia yang setara, tak ada perbedaan lagi di antara kita semua.

Karena Indonesia bukan milik beberapa pihak semata, namun keseluruhan pihak yang hidup, bertempat tinggal serta mencintai Indonesia dengan setulus hati mereka.

Termasuk pula masyarakat disabilitas, pun yang meyakini bahwa mimpi mereka akan terwujud di bumi Indonesia tercinta.