Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 18 Agustus kemarin, kita mendapati media sosial kita ramai akan satu hal yang menarik hati masyarakat pada umumnya. Sebuah perayaan yang dirayakan cukup besar di pusat kota Jakarta dan di sudut wilayah terapik Palembang—diliput berbagai media untuk menunjukkan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Sebuah perayaan yang mengembalikan semangat ratusan atlet yang akan berlaga nantinya, untuk membanggakan bangsa tercinta.

Tentu menyenangkan menjadi bagian dari hal tersebut, bukan?

Kita melihat aktivitas tersebut menjadi sesuatu hal yang luar biasa. namun nyatanya, masyarakat dengan different ability atau disabilitas itu sendiri juga mampu melakukan hal yang sama—bahkan ikut turun serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Kita tahu pagelaran sebesar olimpiade, SEA Games dan Asian Games. Pagelaran yang menjadi tontonan seru untuk setiap lapisan masyarakat yang menikmatinya hingga mereka yang ingin sekedar melihat Indonesia berlaga di berbagai sektor olahraga. Namun tahukah kalian tentang pagelaran khusus atlet disabilitas?

Sebutannya bernama parasport atau paralympic sport, yang berarti olahraga untuk orang-orang yang mengalami disabilitas. Memang cabang olahraga yang tersedia tidak sebanyak olahraga biasa pada umumnya, namun para sport ini bahkan memiliki ajang sekelas dengan olimpiade. Seperti Paralympics yang diadakan berdekatan dengan Olimpiade Rio de Janeiro pada tahun 2016 lalu, ASEAN Para Games, Asian Para Games dan lainnya. Tentu saja, atlet paralympic ini juga sama luar biasanya dengan atlet-atlet Indonesia lainnya.

Namun sayangnya, masih sangat jarang bagi media untuk meliput tentang mereka. padahal jika kita telusuri lebih lanjut, mereka juga sama-sama membanggakan. Mereka sama-sama bisa melakukan aktivitas bernuansa olahraga, dan itu terjadi tanpa alasan. Tentu juga mampu berprestasi, seperti Ni Nengah Widiasih, salah satu atlet difabel Indonesia yang mampu merebut medali perunggu pada ajang Paralympic Games di Rio de Janeiro. Luar biasa, bukan?

Masyarakat umum perlu tahu tentang mereka, karena olahraga pada umumnya menyangkut semua orang yang benar menyukai dan berkecimpung di dalamnya—tanpa terkecuali.

Jika kamu merupakan penyandang disabilitas yang menyukai olahraga; jangan menyerah, sobat! Semua berawal dari mimpi. Mimpi tersebut hanya bisa diwujudkan oleh dirimu sendiri, dengan kita yang akan berusaha membukakan jalanmu. Jika kita saja bisa, kamu juga pasti bisa. Begitu pula sebaliknya. Terus semangat!